You are currently viewing Wajib Diketahui! Inilah 4 Jenis Mesin Espresso yang Biasa Digunakan

Wajib Diketahui! Inilah 4 Jenis Mesin Espresso yang Biasa Digunakan

  • Post author:
  • Post category:Kopi
  • Post comments:0 Comments

Saat ini, mesin espresso telah dijadikan alat paling utama dalam pembuatan kopi di berbagai macam cafe. Banyak mesin kopi yang diciptakan, mulai dari Luigi Bezerra, Achille Gaggia hingga mesin Moriondo yang telah dimodifikasi menjadi mesin espresso. Berikut merupakan berbagai jenis mesin espresso dengan fungsinya masing – masing:

Mesin Espresso Otomatis

Mesin espresso otomatis ini seringkali disebut sebagai pod coffee. Dengan mesin espresso otomatis, pengguna tidak perlu menyediakan bubuk kopi untuk diseduh, namun pengguna hanya memerlukan kapsul untuk bahan baku yang nantinya akan diolah dengan otomatis melalui mesin ini hingga menjadi kopi. Merk mesin otomatis yang paling terkenal yaitu Nespresso dan Dolce Gusto yang dihargai sekitar 2 – 3 juta ruiah. Mesin ini dapat ditemui di tempat-tempat yang jual mesin espresso.

Mesin Espresso Super otomatis

Dengan menggunakan mesin super otomatis ini, pembuatan secangkir kopi akan menjadi lebih mudah. Mesin ini dapat mengekstrak, menggiling serta memadatkan kopi sampai menjadi espresso. Namun kelemahannya yaitu, mesin ini tidak dapat mengukur takaran supaya rasa kopi terasa lebih nikmat. Sehingga, mesin ini hanya dapat membantu pengguna saat memulai bisnis coffee shop. Merknya yang paling terkenal yaitu Jura dan Delonghi. Terdapat beberapa tempat di Indonesia yang jual mesin espresso seperti ini.

Mesin Espresso Manual

Mesin ini pada umumnya memiliki bagian – bagian yang lebih lengkap dibandingkan jenis mesin lainnya. Terdapat juga fitur manual lever yang memiliki fungsi untuk men-setting lamanya ekstraksi dengan manual. Desain yang ditampilkan mesin espresso manual ini pun biasanya elegan dan klasik. Kelebihannya adalah pengguna dapat mengendalikan takarannya sendiri agar kopi terasa lebih nikmat. 

Mesin Espresso Profesional

Mesin ini biasanya dapat digunakan oleh coffee shop besar dan barista – barista yang sudah handal. Dengan ukurannya yang lebih besar, tentunya fitur yang dimiliki pun lebih lengkap. Mesin ini memiliki banyak pengekstrak kopi, sehingga pembuatan kopi akan menjadi lebih cepat. Merk yang terkenal yaitu La Marzocco, Rancilio dan Nouva Simonelli. Kisaran harganya pun bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta, lho tergantung supplier yang jual mesin espresso.

Itulah 4 rekomendasi jenis – jenis mesin espresso sesuai dengan kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Untuk membelinya, anda harus mempertimbangkan sesuai kebutuhan, ya!

Leave a Reply