You are currently viewing Faktor Umum Untuk Pengembangan Perkotaan
Ilustrasi Analisa Pengembangan Perkotaan

Faktor Umum Untuk Pengembangan Perkotaan

Seperti yang kita tahu bahwa kota merupakan sebuah kawasan dengan jumlah penduduk yang relatif besar.  Perkotaan juga dikenal dengan tempat kerja penduduk yang mempunyai intensitas tinggi dan merupakan salah satu tempat untuk melakukan berbagai pelayanan umum. Berbagai kegiatan ekonomi biasanya juga dilakukan di perkotaan, hal ini bertujuan agar kota yang dihuni dapat berkembang dan bertahan. Tak heran, bahwa analisa pengembangan perkotaan sangat dibutuhkan untuk mewujudkan kota yang dapat berkembang. Untuk perkembangan dan pertumbuhan kota pada intinya menggambarkan proses berkembangnya suatu kota, dalam hal ini pertumbuhan kota biasanya akan mengacu pada kuantitas, sedangkan perkembangan mengacu pada kualitas yaitu proses untuk menuju suatu keadaan. Pada hal ini, ada tiga faktor umum yang dapat mempengaruhi perkembangan kota.

Faktor Umum Yang Mempengaruhi Perkembangan Kota:

  1. Faktor penduduk, tak heran jika suatu kota akan mengalami pertambahan penduduk yang disebabkan pertambahan secara alamiah atau karena imigrasi dari penduduk kota lain.
  2. Faktor sosial ekonomi, seperti yang sudah dipaparkan bahwa salah satu analisa pengembangan perkotaan juga didukung dengan adanya kegiatan ekonomi agar kota tetap bisa bertahan dan berkembang.
  3. Faktor sosial budaya, untuk hal ini, biasanya akan dipengaruhi dengan adanya perubahan pola kehidupan dan tata cara masyarakat yang dipengaruhi oleh komunikasi dan sistem informasi.

Perkembangan kota sendiri merupakan perubahan yang dialami oleh beberapa daerah pada perkotaan. Pada aspek-aspek tertentu perkotaan pasti membutuhkan beberapa hal yang perlu dikembangkan, misalnya ketersediaan lahan yang luas menjadi terbatas atau dari yang kecil menjadi besar, hal ini dapat mengarah pada beberapa wisata kecil yang dapat dikembangkan menjadi besar. Adanya perkembangan kota juga tidak bisa disebabkan oleh satu hal saja, tetapi beberapa hal yang saling berkaitan, seperti kekuatan politik dan pasar serta faktor sosial budaya lainnya. Dalam analisa pengembangan perkotaan, suatu kota dapat berkembang karena adanya akibat dari fungsi untuk menyediakan barang dan jasa pada daerah sekitarnya dan menyediakan barang untuk beberapa batas dari kota tersebut.

Leave a Reply