You are currently viewing Hal Penting Sebelum Memilih Sekolah International Balikpapan!
Ilustrasi Sekolah Internasional di Balikpapan

Hal Penting Sebelum Memilih Sekolah International Balikpapan!

Pendidikan merupakan suatu hal utama yang penting bagi tumbuh kembang anak. Sebagai orang tua, salah satu cara memberikan pendidikan terbaik untuk anak yaitu dengan cara menyekolahkan anak kesekolah international. Ada beberapa daftar sekolah Internasional di balikpapan yang bisa dijadikan opsi sekolah Internasional. Sebelum para orang tua memutus kan untuk memilih sekolah international balikpapan ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memastikan anak mendapat pendidikan terbaik. 

Perbedaan latar belakang dan budaya

Menurut Ayoe Sutomo (psikolog), menyampaikan bahwa ketika orang tua memilih untuk menyekolahkan anak di sebuah sekolah internasional, anak akan bertemu dengan lingkungan yang memiliki latar belakang dan budaya yang berbeda-beda. Maka dari itu, orang tua harus siap dengan cara berfikir anak yang berbeda dan terbuka. 

Perbedaan kebudayaan dalam negeri dengan negara lain

Sebagai orang tua, penting untuk bisa memberikan pengenalan dan pemahaman kepada adat dan budaya dalam negeri. Sehingga jika anak bertemu dengan budaya luar yang bertentangan dengan kebudayaan dalam negeri, anak bisa memilih untuk menyesuaikan dengan adat istiadatnya. Jangan sampai budaya ketimuran yang terkenal santun akan memudar. Selain itu, anak juga harus dibekali dengan dasar keagamaan yang kuat dan pemahaman tradisi ketimuran, supaya anak tidak terbawa budaya luar yang berlawanan dengan budaya ketimuran.

Memastikan tujuan untuk belajar di sekolah internasional. 

Pastikan orang tua memiliki tujuan yang kuat, kenapa memilih untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah internasional di balikpapan. Jika orang tua ingin anak memiliki pengetahuan dan wawasan internasional, maka keterkaitan dengan tingkat pendidikannya harus dibuat sejalan. Dimulai dari tingkat sekolah dasar hingga bangku perkuliahan, lebih baik untuk dibuat sejalan berbasis internasional. 

Ketikaanak yang bersekolah dasar di sekolah dasar internasional, kemudian pada tingkat berikutnya bersekolah dalam negeri, salah satu yang harus dipertimbangkan yaitu aspek psikologisnya. Karena, situasi dari sekolah internasional kemudian berpindah ke sekolah nasional, akan berbeda. 

Pastikan kurikulum sesuai dengan minat anak

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan yaitu kurikulum. Kurikulum yang digunakan di sekolah internasional akan berbeda dengan kurikulum sekolah negeri. Kurikulum internasional bersifat universal, dan diakui oleh seluruh dunia. Umumnya standar kurikulum yang digunakan di sekolah internasional balikpapan dengan kota lain kuranglebih tidak jauh berbeda. 

Biaya sekolah

Dengan bersekolah di sekolah international, tentunya biaya yang dikeluarkan akan lebih tinggi. Pastikan kalian memeriksa kembali biaya yang harus dikeluarkan untuk bersekolah di sekolah international tersebut. Kalian juga bisa menanyakan apakah ada beasiswa bagi anak dan persyaratan yang harus dipenuhi, sehingga dapat meringankan biaya untuk sekolah. Namun dengan biaya yang tinggi, fasilitas sekolah international juga lengkap dan memadai. 

Berikut tadi merupakan beberapa hal yang bisa diperhatikan sebelum memutuskan anak bersekolah di sekolah international di balikpapan. Dengan memilih sekolah yang baik dengan lingkungan yang berkembang, kemungkinan pencapaian prestasi anak juga akan semakin besar.

Leave a Reply