You are currently viewing Apakah ADCP Survey Dapat Menangani Abrasi?

Apakah ADCP Survey Dapat Menangani Abrasi?

Abrasi merupakan masalah alamiah yang mengakibatkan lebar pantai menyusut, sehingga mengancam lahan pemukiman di sekitarnya. Penyebabnya tidak lain adalah gelombang yang terus-menerus menghantam pantai. Untuk dapat mengatasi masalah ini, penting untuk menggunakan jasa adcp survey untuk analisa gelombang dan arus pada laut.

ADCP (acoustic doppler current profiler) adalah alat pengukur gelombang dan arus laut yang biasa dilakukan untuk pemetaan arus laut. Selain itu, ternyata alat ini juga dapat digunakan untuk mencegah abrasi pantai akibat hantaman gelombang laut.

prinsip kerja adcpadalah mendeteksi keberadaan suara pada frekuensi konstan dengan menggunakan pergeseran doppler yang mentransmisi suara dan menerima gema yang dipantulkan kembali. ADCP nantinya akan mengumpulkan data kecepatan arus atau gelombang laut dengan menggunakan pergeseran doppler yang bergerak dalam air.

Bagaimana Cara ADCP Mencegah Abrasi?

Bukan berarti dengan memasang ADCP di pesisir pantai dapat begitu saja mencegah abrasi. Abrasi bisa dikendalikan dengan melakukan jasa adcp survey untuk menganalisa gelombang dan arus pada laut sebagai langkah pertama. 

Cara kerja ADCP menggunakan pantulan suara yang dihasilkan oleh partikel bawah air. Ketika suara dipantulkan balik oleh ADCP, menghasilkan perbedaan frekuensi antara apa yang diterima dengan yang dipantulkan oleh ADCP. Perbedaan ini disebut dopplershift yang nantinya akan digunakan untuk mengukur seberapa cepat gelombang laut yang menghantam pesisir.

Survey ini dilakukan untuk mengetahui seberapa kuat arus atau gelombang laut yang menghantam pesisir. Data yang dihasilkan dapat digunakan peneliti sebagai bahan pertimbangan, solusi seperti apa yang bisa digunakan untuk menahan abrasi yang diakibatkan oleh gelombang air laut yang telah diukur.

ADCP memiliki perhitungan yang cukup lengkap yang dapat di operasikan di daerah laut dangkal maupun laut dalam. Hasil dari data yang dicatat oleh komponen profiler akan ditampilkan pada monitor komputer, yang nantinya dapat digunakan untuk menarik kesimpulan seberapa kuat arus laut yang diteliti.

Keuntungan Menggunakan ADCP

Merupakan cara yang paling efektif serta efisien untuk melakukan pengamatan jangka panjang seperti penanganan masalah abrasi. Dengan alat ini, peneliti bisa mendapatkan  data resolusi tinggi yang bisa digunakan untuk mengambil keputusan.

Dengan menggunakan prinsip kerja adcp yaitu pergeseran doppler, ADCP dapat dengan mudah memberikan data akurat sampai ke dimensi ke 3 kedalaman laut. ADCP juga dapat mengukur arus vertikal dan memberi data sesuai kebutuhan peneliti saat melakukan adcp survey.

Meski bencana satu ini membutuhkan waktu yang cukup panjang hingga dapat menimbulkan masalah yang besar, namun penanganan sedini mungkin harus dilakukan agar kerusakan ekosistem tidak semakin besar.

Dengan melakukan jasa adcp survey untuk analisa gelombang dan arus pada laut sebagai pemetaan gelombang laut yang dihadapi, diharapkan dapat berdampak terbentuknya sebuah solusi jangka panjang untuk menyelesaikan masalah abrasi di Indonesia.

Leave a Reply