You are currently viewing Genset sering rusak? Simak 5 hal penyebab genset mudah rusak

Genset sering rusak? Simak 5 hal penyebab genset mudah rusak

Genset adalah salah satu alternatif sumber listrik bagi kehidupan manusia. Apabila listrik utama bermasalah, biasanya penggunaan genset menjadi sangat dibutuhkan. Oleh sebab itu, genset harus dipilih sesuai daya listrik yang dibutuhkan. Ini juga menjadi pertimbangan untuk mendapatkan harga genset termurah. Walau sudah sering menggunakan genset, anda harus tetap memperhatikan 6 hal yang membuat genset cepat rusak. 

Kondisi aki lemah 

Masalah pertama disebabkan karena kondisi aki yang lemah. Aki lemah akan menyebabkan genset menjadi sangat sulit untuk dinyalakan. Putaran pertama yang harus dipicu oleh aki berguna untuk mengoperasikan genset. Hal ini tentu saja mengakibatkan busi menjadi gagal bila aki dalam kondisi lemah.

Sama seperti kendaraan, aki genset juga harus dicek dan diganti secara teratur. Anda bisa melihat di panduan manual kapan waktu mengganti aki yang tepat. Ini bertujuan untuk menjaga performa genset tetap baik. 

Genset jarang dipanaskan 

Bagaimanapun bila anda tidak merawat genset maka genset akan mudah rusak. Karena genset sumber energi listrik alternatif, beberapa orang tidak memanaskan genset kecuali saat diperlukan. Sebenarnya pemanasan genset dilakukan untuk menjaga kualitas aki. Lakukan pemanasan genset minimal satu minggu sekali supaya genset tidak cepat rusak. 

Simpan genset di tempat sembarang 

Selanjutnya hal yang dapat menyebabkan genset rusak, tidak hanya terkait perawatan mesin tetapi juga tempat simpan genset. Ada baiknya genset disimpan di tempat kering dan teduh. Jangan sampai terkena sinar matahari berlebih dan air hujan tentu ini akan memperbesar resiko rusaknya genset. 

Tidak hanya berkarat namun komponen pada genset akan kehilangan fungsinya. 

Pemakaian genset secara berlebihan 

Bagi anda yang mencari harga genset termurah, yang perlu diingat harga menentukan kualitas genset. Supaya anda tidak hanya tergiur harga murah saja. Masalah selanjutnya yang menyebabkan genset rusak karena disebabkan pemakaian genset berlebihan. Sebaiknya gunakan genset pada saat dibutuhkan saja dan tidak melebihi waktu tersebut. 

Komponen di bagian pembakaran cepat rusak 

Umumnya masalah genset menyebabkan genset mati tiba-tiba. Ini terjadi karena lubang bahan bakar tersumbat. Sebaiknya bersihkan bagian genset tersumbat agar genset bisa beroperasi Kembali. Tips membeli harga genset termurah, pastikan tempat membeli genset terpercaya, cek kondisi genset dan lainnya.

Leave a Reply