You are currently viewing Mengenal tentang Whatsapp Business API

Mengenal tentang Whatsapp Business API

Whatsapp sendiri adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengirim atau menerima pesan dan menelpon dengan jaringan internet. Kini whatsapp pun memunculkan fitur baru bernama whatsapp business api solution provider, fitur yang cocok untuk pemilik suatu bisnis.

Whatsapp API ini selain memiliki fitur dari whatsapp biasa, juga memiliki beberapa kelebihan lain. Aplikasi ini juga dapat digunakan pada server dan menyediakan API lokal hang dapat memjngkinkan kalian untuk mengirim ataupun menerima pesan yang telah diprogram.

API atau Application Programming Interface dapat memungkinkan sang developer untuk mengintegrasikan sebuah aplikasi yang berbeda secara bersama. Dengan begitu Whatsapp API juga bisa terintegrasi dengan kerja sistem lain yang telah ada, seperti Customer service ataupun Customer Relationship Management (CRM).

Maka dari itu, whatsapp ini berbeda dengan Whatsapp business biasa yang masih tidak bisa terintegrasi ataupun dimodifikasi dengan fitur canggih yang ada.

Fitur Whatsapp Business API 

Seperti yang dikatakan sebelumnya, whatsapp ini memiliki beberapa fitur canggih, fitur-fitur tersebut diantaranya, 

  1. Memakai satu nomor whatsapp di banyak agen di berbagai lokasi.
  2. Ada tanda centang hijau yang resmi dari whatsapp dan berguna untuk meningkatkan kredibilitas bisnis yang kalian miliki.
  3. Dapat menyimpan ataupun mengunduh semua kontak whatsapp, pesan, dan hal lain secara otomatis.
  4. Dapat mendapat akses laporan sales, customer service dan agen kalian.
  5. Dapat terintegrasi dengan layanan customer service, sama seperti sistem whatsapp CRM.

Cara Membuat akun Whatsapp Business API

Jika kalian sudah yakin ingin menggunakannya, dibawah ini adalah beberapa langkah yang bisa kalian lakukan guna mendapatkannya, 

  1. Menggunakan API mentah lalu diintegrasikan dengan teknologi ataupun sistem dari perusahaan kalian.
  2. Atau menggunakan whatsapp business API solution provider yang sudah di integrasi menjadi whatsapp yang lebih canggih, misalnya seperti yang ada di Qontak, disana menyediakan whatsapp API yang sudah di integrasi dengan sales juga customer service.
  3. Kalau sudah melakukan salah satu dari dua diatas, kalian harus bekerja sama dengan partner official dari whatsapp API agar bisa mengaksesnya.
  4. Nantinya partner official tersebut akan memberikan pertanyaan agar mengetahui bisnis kalian memenuhi syarat atau tidak. Lalu kalau sudah barulah mendaftarkan bisnis tersebut ke whatsapp langsung.

Tentunya whatsapp business api solution provider ini dapat membantu dan memudahkan dalam mengatur bisnis kalian secara mudah.

Leave a Reply