You are currently viewing Mengenal Tentang Baja Ringan Dari Konstruksi, Ukuran, Dan Jenis Profil
Ilustrasi Baja Ringan

Mengenal Tentang Baja Ringan Dari Konstruksi, Ukuran, Dan Jenis Profil

Tentu tidak asing lagi dengan salah satu bahan konstruksi yang sering dipakai ini. Apalagi kalau bukan baja ringan taso terbaik. Baja ringan merupakan bahan penting pembuatan bangunan, baik rumah atau gedung. Biasanya digunakan untuk pembuatan atap. Selain itu minat masyarakat dalam menggunakan baja ringan semakin meningkat karena praktis, mudah, dan tahan lama. 

Mengenal Tentang Baja Ringan

Bagi Anda yang terjun di bidang konstruksi pastinya tidak asing lagi dengan satu bahan yang dibilang menjadi bagian utama dari sebuah bangunan.  Dari yang kita tahu baja ringan ini terbentuk dari bahan campuran, yaitu seng dan aluminium, sehingga kokoh meskipun ringan. Apalagi di perkembangan zaman seperti sekarang sudah banyak produsen baja ringan yang memperhatikan kualitasnya dan tentunya sudah berstandar SNI.

Kontruksi Baja Ringan

Baja ringan memang menjadi bahan konstruksi yang mudah dilakukan dalam proses pemasangannya. Sehingga permintaan yang mengalami peningkatan drastis membuat banyak produsen baja ringan bermunculan dan saling memberikan penawaran harga, hanya saja harga dan kualitas yang diberikan tidak sebanding dengan kebutuhan. Sehingga Anda wajib memilih produsen yang memang memperhatikan kualitas dan kebutuhan konsumen. Inilah beberapa hal yang wajib Anda lakukan, sebelumnya : 

  1. Memilih secara cermat dan terencana
  2. Kualitas bahan yang utama
  3. Konsultasi dan pemasangan pilih ahlinya

Ukuran Baja Ringan 

Baja ringan taso terbaik memang praktis untuk bahan konstruksi bangunan tapi sebelum Anda memutuskan untuk memakainya lebih baik kenali dulu materialnya, jenis ukurannya dan profil yang digunakan. Pada umumnya material dari baja ringan adalah baja karbon yang kuat dan kaku, sehingga tetap kokoh meskipun ringan. 

Untuk Ukuran baja ringan sendiri dari 0,75 mm – 1,00 mm hingga 31 mm – 100 mm. Dimana setiap jenis dan ukurannya memiliki persamaan yang tidak terlalu jauh. Selain itu baja ringan yang terbilang kecil tapi memiliki ketahanan yang kuat dan tahan lama dibandingkan kayu.  Dan seperti  baja ringan yang  kita tahu bahwa ukurannya berbeda-beda atau bervariasi, tergantung dari jenis dan ketebalannya.

Jenis Profil Baja Ringan 

Anda ingin menggunakan bahan konstruksi baja ringan wajib tahu jenisnya, agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang Anda perlukan dan mencari yang cocok untuk konstruksi bangunan tersebut. Inilah jenis profil dari baja ringan, yaitu : 

  1. Profil baja ringan berbentuk Z
  2. Bentuk profil baja ringan C(kanal/canal)  atau W
  3. Profil baja ringan reng (B)

Itulah sedikit informasi mengenai baja ringan taso terbaik yang merupakan bahan konstruksi bangunan yang penting. Apalagi sekarang menjadi bahan yang populer dan menjadi pilihan masyarakat sebagai atap rumah karena tidak mudah berkarat. Selain itu mudah dipasang sehingga pengerjaannya tidak memakan waktu lama.

Leave a Reply