You are currently viewing Pentingnya Jasa Pemetaan Utilitas Bawah Tanah

Pentingnya Jasa Pemetaan Utilitas Bawah Tanah

Kondisi bawah tanah, terutama di jalanan perkotaan sangat rumit dan simpang siur, ada banyak kabel juga berbagai kawat serta saluran pipa juga aneka utilitas publik maupun non publik di sana, yang jika asal gali maka akan sangat membahayakan dan bisa menimbulkan kecelakaan, bencana kematian. Sehingga sebelum melakukan penggalian bawah tanah untuk keperluan apapun maka harus terlebih dahulu menggunakan jasa pemetaan utilitas bawah tanah.

Apa itu Jasa Pemetaan Utilitas Bawah Tanah

Jasa pemetaan utilitas bawah tanah ialah jasa untuk mengetahui kondisi dan ada apa saja di bagian bawah tanah yang hendak digali. Tak ada yang tahu pasti ada apa saja di bawah tanah yang hendak digali sebelum dilakukan upaya pemetaan.

Risiko Penggalian Bawah Tanah

Bisa jadi ada kabel listrik terpendam di bawah sana, atau kabel sambungan gas, kabel telepon, saluran air, atau saluran minyak dan lain sebagainya, yang jika tergores pada saat menggali tanah di sekitarnya maka akan bisa berbahaya, selain menimbulkan kerugian akibat terjadinya kebocoran dan mallfungsi juga bisa mematikan dan menimbulkan bahaya, mulai dari banjirnya dan luapan kotoran di permukaan tanah, yang bisa berupa jalanan, atau halaman suatu bangunan hingga timbulnya kebakaran atau robohnya dinding bangunan akibat menjadi rusak pondasinya dan lain sebagainya. Kerugiannya bisa tak terkirakan besarnya karena dampaknya bisa merembet ke mana-mana, menyebabkan kerugian materiil maupun immaterial, belum juga termasuk kecelakaan yang menyebabkan cacat hingga kematian bagi pekerjanya serta orang sekitarnya, dan lain sebagainya.

Keperluan Penggalian Bawah Tanah

Sehingga akan jauh lebih murah biayanya jika dilakukan pemetaan utilitas bawah tanah terlebih dahulu, secara lengkap dan cermat serta detil dan rinci sebelum melakukan penggalian bawah tanah untuk berbagai keperluan apapun, termasuk sebagai upaya pemeliharaan utilitas yang telah ada, maupun untuk pemasangan baru, pembuatan pondasi, penggalian sumur dan berbagai keperluan lainnya. 

Sedangkan metode atau teknik cara pemetaannya bisa menggunakan berbagai alat, yang penting harus dihasilkan suatu pemetaan utilitas bawah tanah yang jelas, serinci dan sedetail mungkin serta seakurat mungkin.

Leave a Reply