You are currently viewing Tertarik dengan E-commerce? 6 Layanan E-commerce Management Service ini Perlu Anda Tahu

Tertarik dengan E-commerce? 6 Layanan E-commerce Management Service ini Perlu Anda Tahu

Perkembangan Ecommerce management service di Indonesia setiap tahunnya mengalami kemajuan yang pesat, hal ini dikarenakan kemudahan dalam penggunaan sistem e-commerce baik bagi penjual online maupun pembeli. Selain itu tersedia juga berbagai layanan yang memudahkan setiap proses jual beli.

Tujuan E-commerce

Penggunaan e-commerce oleh suatu perusahaan ini bertujuan agar perusahaan tersebut dapat lebih efektif dan efisien dalam menjalankan bisnisnya serta mendapatkan keuntungan dengan mudah. Sehingga sistem e-commerce dibuat sebaik mungkin agar proses jual beli bisa dilakukan tanpa hambatan.

Ecommerce management service

Sistem e-commerce menyediakan berbagai macam layanan atau fitur yang sangat memudahkan penggunanya, layanan tersebut diantaranya adalah.

  1. Product Management

Di dalam setiap layanan e-commerce tersedia layanan dan fitur yang digunakan untuk manajemen produk maupun jasa yang dijual secara online. Productmanagement tersebut berupa katalog barang yang memudahkan pengunjung melihat dan mencari barang yang dibutuhkan, selain itu juga memberikan kemudahan bagi penjual dalam mengelola toko online-nya.

  1. User Management

Layanan ini disediakan oleh e-commerce untuk memudahkan proses manajemen pengguna pada sistem e-commerce yang didasarkan pada kelompok pengguna. Kelompok tersebut berupa pengelola toko online (Administrator) dan pembeli atau pengunjung (User). 

User Management ini diharapkan dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung e-commerce. Namun setiap kelompok pengguna tersebut memiliki keterbatasan dalam mengakses sistem tersebut, seperti user yang telah terdaftar hanya bisa mengubah informasi pribadinya saja, sedangkan penjual hanya bisa menambah ataupun merubah barang yang dijual saja.

  1. CrossSellandUpSell

Dalam proses jual beli, tentunya penjual berusaha untuk mendapatkan keuntungan dari setiap barang yang dijual, untuk itu sistem e-commerce menyediakan layanan CrossSellandUpSell. Keduanya memiliki perbedaan pada kategori barang yang ditawarkan, CrossSell memberikan penawaran pada banyak variasi produk ke konsumen, sedangkan UpSell hanya menawarkan ke konsumen versi terbaik dari produk yang ditawarkan saja.

  1. CatalogManagement

Sistem e-commerce juga menyediakan layanan untuk manajemen katalog online agar pembeli lebih mudah mendapatkan informasi produk termasuk juga diskon, bonus, potongan harga dan lainnya, sehingga mudah dibandingkan antara satu produk dengan produk lainnya.

  1. Content Management Service

Bagi penjual atau pengelola toko online, sistem e-commerce memberikan layanan untuk melakukan manajemen pada konten di toko online-nya. Sehingga saat calon pembeli mengunjungi tokonya, semua barang sudah berada di kategorinya masing-masing.

  1. Inventory Management

Sistem e-commerce menyediakan layanan Inventory Management agar penjual atau pengelola toko online bisa dengan mudah melakukan manajemen data inventory dari barang yang dijual, data ini berupa jumlah stok barang yang tersedia, stok barang yang sudah terjual, dan juga stok barang yang dikembalikan.

Layanan ecommerce management service ini benar-benar membantu baik penjual maupun pembeli dalam berinteraksi saat melakukan jual beli.

Leave a Reply