You are currently viewing Mengetahui 5 Tanda Ovulasi Berhasil untuk Mempersiapkan Kehamilan yang Sehat

Mengetahui 5 Tanda Ovulasi Berhasil untuk Mempersiapkan Kehamilan yang Sehat

Mengetahui masa subur dengan kalender ovulasi maka akan memudahkan perencanaan program kehamilan. Pada masa subur itulah sel telur dapat dibuahi agar ovulasi berhasil dan membuahkan hasil positif hamil. Ovulasi yang berhasil dapat memunculkan beberapa tanda di bawah ini.

Terjadi Pendarahan

Ovulasi yang berhasil dapat ditandai dengan pendarahan implantasi yang hanya terjadi hingga empat hari saja paling lama. Pendarahan ini terjadi karena sel telur menempel pada uterus yang menyebabkan luka. Darah yang keluar berwarna merah muda atau kecoklatan dalam jumlah sedikit bahkan seperti flek saja, tidak seperti darah menstruasi.

Payudara Menjadi Sensitif

Ketika ovulasi berhasil berkat penghitungan kalender ovulasi maka beberapa hormon akan meningkat yang bisa menyebabkan payudara nyeri dan bengkak. Hormon yang meningkat termasuk estrogen, progesteron, dan hCG yang berguna untuk menyambut kelahiran buah hati nantinya. Pertanda ini bisa terjadi sehari setelah pembuahan berhasil atau setelah 7 hari ovulasi.

Kram atau Nyeri

Tanda keberhasilan ovulasi berikutnya adalah kram seperti menstruasi tetapi lebih ringan dan dalam waktu lebih singkat. Kram biasanya terjadi bersamaan dengan pendarahan implantasi di bagian perut dan punggung bawah. Dalam hal ini tubuh akan mengalami perubahan hormon yang juga sebagai persiapan kehamilan selama sembilan bulan mendatang. 

Kerap Buang Air Kecil

Tanda ovulasi berhasil dibuahi berikutnya adalah lebih sering buang air kecil terutama pada beberapa minggu awal. Pada saat itu tubuh mengalami perubahan besar karena tengah mempersiapkan ruang untuk pertumbuhan janin. Janin yang mulai terbentuk akan menekan kandung kemih yang membuat ibu lebih sering buang air kecil.

Selera dan Nafsu Makan Berubah

Ovulasi yang berhasil dapat meningkatkan dan mengubah selera makan ibu hamil hingga berbalik secara drastis. Hal ini terjadi karena tubuh akan memproduksi hormon secara berlebih yang membuat indera perasa ikut mengalami perubahan. Pada umumnya tanda ini akan terjadi pada hari ketujuh setelah masa ovulasi berakhir. 

Tidak hanya mencatat masa subur dengan kalender ovulasi dan melakukan pembuahan di waktu yang tepat saja. Mengetahui tanda ovulasi berhasil di atas dapat membantu pasangan agar segera memeriksa dan mengambil tindakan yang tepat. 

Leave a Reply