You are currently viewing Kenali Ciri-ciri Alami Tubuh Sebagai Pendeteksi Ovulasi

Kenali Ciri-ciri Alami Tubuh Sebagai Pendeteksi Ovulasi

Bagi pasangan yang telah menikah, memiliki keturunan adalah sebuah impian. Sebagian dari mereka menyiapkan alat pendeteksi ovulasi untuk dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berhubungan intim serta mengetahui apakah ovum pada perempuan siap untuk dibuahi atau tidak.

Namun, bagaimana jika tidak memiliki alat yang dapat mendeteksi ovulasi? Apakah ada ciri-ciri ovulasi berlangsung? Bagaimana cara untuk mengetahui bahwa seorang perempuan sedang masa ovulasi dan ovum siap dibuahi?

Sebenarnya, secara alamiah, tubuh memiliki kode atau tanda-tanda yang akan muncul ketika terjadi sesuatu. Misalnya, ketika asam lambung naik, maka tubuh akan memberi sinyal dengan rasa mual. Contoh lainnya adalah, ketika ada virus atau bakteri yang masuk, tubuh akan memberi sinyal seperti demam, ini sekaligus menjadi tanda bahwa tubuh telah merespon masuknya virus atau bakteri. 

Termasuk ovulasi, secara alami tubuh juga akan memberi sinyal atau tanda yang menjadi ciri kalau sel telur atau ovum sedang melakukan ovulasi. Berikut ini adalah ciri yang dapat dilihat sebagai pertanda bahwa ovulasi sedang berlangsung. Anda dapat melakukannya meski tanpa alat pendeteksi ovulasi.

  1. Cek Lendir Serviks

Ketika sedang dalam masa ovulasi, terjadi perubahan pada tekstur lendir serviks yang akan menjadi lebih elastis dan sedikit berwarna putih. Masa ovulasi adalah kondisi dimana ovum siap untuk dibuahi, perubahan tekstur lendir serviks ini disebabkan oleh pengaruh hormon dari ovulasi yang sedang terjadi. 

Ketika terjadi ovulasi, lendir ini akan terlihat seperti putih telur dan terasa licin. anda bisa memeriksanya dengan menggunakan jari yang sudah bersih atau Tisu. Jika tidak didapati lendir, ada kemungkinan anda sedang tidak dalam masa subur.

  1. Terasa Nyeri Pada Payudara

Hal ini juga dapat menjadi salah satu tanda, bahwa anda sedang dalam masa ovulasi karena kondisi ini hanya akan terjadi akibat perubahan hormon ketika ovulasi. Namun, kondisi ini tetap tidak bisa menjadi alat ukur pasti bahwa anda sedang dalam masa ovulasi.

  1. Meningkatnya Libido

Ciri berikutnya yang menunjukan tubuh dalam masa ovulasi adalah libido atau gairah seks menjadi meningkat. Ini merupakan ciri alami dalam tubuh meski bukan ciri yang pasti. Karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tubuh memiliki sinyal atau tanda jika terjadi sesuatu dalam diri anda.

Meningkatnya libido menjadi salah satu pertanda bahwa tubuh telah dalam kondisi yang tepat untuk melakukan hubungan intim. Meningkatnya libido dapat menjadi salah satu ciri sebagai pendeteksi ovulasi.

Itulah beberapa ciri-ciri yang dapat anda periksa dalam melihat apakah anda sedang dalam masa subur atau ovulasi. Beberapa dokter menyebutkan bahwa cara ini dianjurkan untuk pasangan yang ingin segera memiliki keturunan. Namun, ada baiknya jika pengecekan juga dilakukan dengan alat atau langsung dengan bantuan tim medis.

Leave a Reply