You are currently viewing Jual Besi UNP yang Bisa Membuat Bangunan Anti Gempa, Ini dia Karakteristiknya

Jual Besi UNP yang Bisa Membuat Bangunan Anti Gempa, Ini dia Karakteristiknya

Bagi para pelaku jual besi UNP, anda mungkin paham bahwa keberadaan besi UNP kurang begitu dikenal jika dibandingkan dengan jenis besi kanal saudaranya, yaitu besi CNP. Kendati demikian, penggunaan besi jenis UNP nyatanya sering ditemukan dalam sebuah proyek konstruksi tertentu. 

Untuk mengetahui apa itu besi UNP, anda bisa menyimak artikel yang kami sajikan dibawah.

Mengenal besi UNP

Besi UNP adalah satu dari dua jenis besi kanal, dimana salah satunya merupakan besi CNP yang sudah disebutkan diatas.

Adapun besi kanal sendiri merupakan jenis besi yang dibuat dari hasil pembentukan material plate coil, atau sejenis baja galvalume yang dilapisi chrome. Besi jenis ini biasanya digunakan sebagai rangka konstruksi, penutup dudukan atap, serta bracing kolom. 

Baik besi UNP maupun besi CNP dapat berfungsi sebagai bahan konstruksi bangunan. Kendati demikian, besi CNP menjadi lebih populer berkat harganya yang cenderung lebih murah ketimbang besi UNP. Padahal keduanya memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda. 

Besi yang satu ini biasa ditemukan di berbagai toko besi dan baja. Penggunaan besi UNP sendiri sangatlah bervariasi ketimbang besi CNP, yaitu mulai dari material konstruksi gedung, otomotif, hingga pembangunan jembatan. 

Karakteristik besi UNP

Bagi mereka yang awam, besi CNP dan UNP sepintas terlihat serupa ketika dilihat secara vertikal. Bedanya, besi UNP tidak memiliki lengkungan di kedua ujungnya, dan betul-betul terlihat seperti huruf U saat diletakkan secara horizontal.

Meski bisa dibilang kurang populer sebagai bahan bangunan, namun besi UNP, yang sering juga disebut sebagai besi kanal U atau U-channel, tetap sering digunakan untuk berbagai kebutuhan berkat beberapa ciri-ciri khas yang melekat padanya. Sebagai konsumen atau distributor jual besi UNP, anda perlu mengetahui ciri-ciri tersebut supaya dapat mengaplikasikan bahan bangunan yang sesuai dengan karakter besi.

Berbagai ciri khas atau karakteristik dari besi UNP sendiri, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Berbentuk huruf U, tanpa lengkungan di kedua ujungnya
  2. Permukaan bagian luar terasa kasar, sama halnya dengan permukaan bagian dalam
  3. Memiliki rata-rata panjang 6 meter per batang
  4. Memiliki material penyusun yang sangat tebal, lebih dari 5 millimeter

Karena ketangguhannya, besi UNP digunakan tidak hanya sebagai material bahan bangunan semata. Kerangka mobil pickup dan berbagai jenis truk juga kerap dibuat menggunakan besi kanal U ini.

Adapun kegunaan besi UNP pada sebuah bangunan, antara lain sebagai balok penutup rangka atap, serta sebagai struktur horizontal yang menopang dinding (girt). Keduanya berfungsi untuk memberikan bangunan yang kokoh, tahan angin, serta anti gempa.

Untuk mendapatkan besi jenis ini, anda bisa menemukannya di berbagai toko jual besi UNP terdekat yang ada. Namun, pastikan pula untuk memilih material besi yang baik, dan bukan besi UNP banci. 

Leave a Reply